KEMARIN adalah SEJARAH . . . BESOK adalah MISTERI . . . Dan SEKARANG adalah ANUGERAH . . .

23 Apr 2013

CONTOH PROPOSAL PRAKERIN SMK

    Hallo  gan,  khusunya  bagi  pelajar-pelajar  SMK  ni . . . . . , karena  aku  juga  pelajar  SMK  gan  kelas  XI  Jursan  TKJ.  Nah  bagi  temen-temen  pelajar  SMK  gak  asing  dengan  namanya  PRAKERIN  (Praktek  Kerja  Industri),  semua  pelajar  SMK  pasti  nanti  praktek  Industri,  waktu  nulis  ini  aja  aku  masih  Praktek  kerja  di perusahaan  swasta  ne  gan  wkwkwk.

   Oke,  langsung  aja  bagi  temen-temen  SMK  yang  pada  belum  Prakerin  dan  mungkin  lagi  nyari,  terkadang  waktu  kita  mengajukan  Prakerin  ke suatu  perusahaan  ada  kalanya  kita  langsung  diterima  hanya  dengan  membawa  surat  pengajuan  dari  sekolah,  tetapi  ada  juga beberapa  perusahaan  yang  meminta  sebuah  proposal  pengajuan  Prakerin. Nah kali  ini  aku  mau  berbagi  proposal  yang  pernah  aku  buat  ne  . . . . . .,,  tapi  tolong  diedit  dulu,  disesuaikan  dengan  jurusan  masing-masing  ya . . . . . .
silakan  dicopy  atau  bisa  didownload  filenya  dibawah.




I.                   PENDAHULUAN
Kemajuan perkembangan Teknologi saat ini menuntut kita melakukan berbagai macam inovasi dan kreatifitas guna mampu bersaing dengan pasar asing, termasuk di bidang Teknologi Informasi dan Komunikasi khususnya perkembangan teknologi komputer. Kemajuan ini akan lebih banyak bermanfaat bila dapat digunakan oleh orang banyak, memang tidak dapat dipungkiri bahwa semakin banyak orang memiliki komputer maka besar juga tingkat perawatan atau perbaikan pada komputer, hal ini menjadikan keuntungan tersendiri bagi perusahaan- perusahaan penyedia layanan perbaikan komputer ataupun penyedia jasa internet baik dalam skala kecil maupun besar, para “Master” dibidang inipun seolah berlomba-lomba dalam menyediakan pelayanan yang  memiliki keungulan dan memuaskan . Dan pada akhirnya Inovasi Teknologilah yang akan menjawab tuntutan zaman dan mendapat kepercayaan dari Customer.  
Kemajuan Teknologi memang tidak bisa dibendung, teknologi telah menjadi suatuhal yang “lumrah” dalam kehidupan sehari-hari, terutama pengunaan komputer yang semakin pesat mengikuti perkembangan zaman. Untuk dari itu kita memilih program keahlian Teknik Komputer dan Jaringan untuk menciptakan peluang di dunia kerja.

II.                LATAR BELAKANG
Pendidikan memiliki peran yang sangat penting dalam membentuk ketrampilan dan kecakapan seseorang untuk memasuki dunia kerja. Agar dapat memahami dan  memecahkan setiap permasalahan yang muncul di dunia kerja, maka siswa perlu melakukan kegiatan pelatihan kerja secara langsung diinstansi/lembaga yang relevan dengan program pendidikan yang diikuti. Dalam melaksanakan Pendidikan System Ganda (PSG), SMK NEGERI PASIRIAN mewajibkan siswanya mengikuti pelatihan industri atau Praktek Kerja Indistri (PRAKERIN) di dunia usaha / industri  selama 2 (dua) bulan dibawah bimbingan industri dan sekolah dengan tujuan agar siswa memahami nilai nilai yang berlaku di dunia usaha / industri.

III.             MAKSUD DAN TUJUAN
Praktek Kerja Industri tersebut dimaksudkan agar siswa dapat mengerti, memahami, dan mampu mengikuti proses yang diterapkan dalam suatu perusahaan. Diharapkan siswa dapat mencoba dan menerapkan apa yang telah didapatkan secara teori sehingga dapat lebih mudah untuk beradaptasi dengan lingkungan kerja yang akan dihadapi.

Adapun tujuan yang ingin dicapai dalam pelaksanaan Kerja Praktek ini adalah sebagai berikut :
1)     Untuk memperoleh gambaran nyata tentang penerapan atau implementasi dari ilmu atau teori yang selama ini diperoleh di sekolah dan membandingkannya dengan kondisi nyata yang ada di lapangan dan sekaligus menguji ilmu yang diperoleh tersebut.
2)     Untuk melakukan analisis mengenai kegiatan-kegiatan yang dilakukan serta sistem yang berjalan di lapangan.
3)     Untuk melatih siswa berpikir secara praktis dan sistematis dalam menghadapi suatu persoalan dalam bidang komputer di lapangan yang sebenarnya.
4)     Menguji kemampuan pribadi dalam tata cara komunikasi baik secara lisan maupun tertulis dalam struktur keorganisasian perusahaan atau instansi terkait.
5)     Menguji kemampuan dan pengetahuan pribadi dalam tata cara hubungan masyarakat di lingkungan kerja dan organisasi.
6)     Menambah pelajaran dan pengalaman kerja yang belum diajarkan di sekolah

IV.              BENTUK KEGIATAN
Bentuk kegiatan siswa dalam melaksanakan Praktek Kerja Industri ( PRAKERIN ) ini adalah :
1)     Pengenalan dasar terhadap Perusahaan, baik pengenalan bentuk perusahaan, susunan organisasi, dan objek lainnya dalam perusahaan.
2)     Siswa terlibat langsung dalam kegiatan perusahaan.
3)     Siswa terlibat langsung dalam membantu pekerjaan perusahaan dalam bidang–bidang khusus.
4)     Siswa diwajibkan untuk membuat Laporan Praktek Kerja Industri.

V.                 PENEMPATAN
Perusahaan hendaknya menyediakan tempat bagi siswa yang berpedoman pada jenis Praktek Kerja Industri yang akan dilakukan oleh Siswa, Demikian pula dengan Siswa hendaknya menyesuaikan antara kemampuan dan keinginan dari perusahaan.

VI.              WAKTU DAN PELAKSANAAN
Waktu pelaksanaan Praktek Kerja Industri telah ditetapkan pelaksanaanya oleh sekolah, yakni selama 2 bulan, yang berlangsung mulai tanggal 01Maret s/d  30 April 2013, namun waktu pelaksanaan tersebut dapat diubah sesuai dengan permintaan perusahaan dimana siswa tersebut Praktek, namun dengan asumsi pelaksanaan Praktek Kerja Industriminimal dilakukan siswa selama 2 bulan. Sedangkan untuk jadwal pelaksanaan sehari-hari menyesuaikan kebijakan perusahaan.

VII.           MANFAAT
A.      BAGI PERUSAHAAN
1)     Perusahaan mendapat tenaga tambahan.
2)     Perusahaan Industri atau Jasa dapat memanfaatkan pengetahuan serta ketrampilan siswa.
3)     Perusahaan dapat meningkatkan Effisiensi, Produktivitas.

B.      BAGI SISWA
1)     Dapat mengerti lingkungan kerja secara nyata.
2)     Mendapatkan kesempatan meningkatkan efisiensi dan produktivitas.
3)     Mendapatkan ilmu yang baru berdasarkan aktivitas perusahaan.
4)     Memperoleh pengalaman tentang bagaimana dunia kerja yang sesungguhnya, sehingga siswa nantinya akan memiliki profesionalitas yang tinggi dalam bekerja.
VIII.        KEWAJIBAN
Agar pelaksanaan praktek tersebut dapat memperoleh hasil yang maksimal, maka masing–masing pihak mempunyai kewajiban yang harus dilaksanakan yaitu :

A.      SISWA
1)     Mematuhi peraturan dan prosedur yang ditetapkan Perusahaan, serta peraturan sekolah yang bersangkutan.
2)     Mempersiapkan diri dengan materi kerja.
3)     Menjaga nama baik sekolah.
4)     Menjaga nama baik perusahaan tempat PRAKERIN.
5)     Menyusun laporan praktek kerja.

B.      SEKOLAH
1)      Memberikan penjelasan umum mengenai cara pelaksanakan Praktek Kerja.
2)     Membekali siswa dengan pengetahuan penulisan laporan kerja.


C.      PERUSAHAAN
1)     Menunjuk seorang Staff/ Pegawai yang akan ditugasi sebagai pembimbing.
2)     Menunjukkan tempat/ Unit divisi dalam perusahaan yang akan dijadikan tempat pelaksanaan praktek kerja.
3)     Menunjuk jenis pekerjaan yang harus dilakukan siswa.


IX.              PESERTA
Peserta dalam praktek kerja ini merupakan siswa SMK NEGERI PASIRIAN program Teknik Komputer dan Jaringan, yaitu  :

Nama              :
Tpt, tgl lahir   :
Alamat            :
Kelas               : 
Jurusan           :
Bidang studi   :
NISN               :
No. Telp.         :

Ctt.  :  Bisa lebih dari satu orang


X.                 PENUTUP
Demikian proposal permohonan praktek kerja industri ini kami susun, besar harapan kami untuk terkabulnya permohonan ini.Semoga Tuhan Yang Maha Esa selalu melimpahkan Rahmat dan petunjuk-Nya kepada kita semua. Atas perhatian dan kerja sama semua pihak yang terkait kami ucapkan terimakasih.


............ , ................................

atau  bisa  didownload  dibawah
http://www.mediafire.com/view/?6aog776y1iuhxlr

semoga  bermanfaat  . . . . . . .  . .    










18 komentar:

  1. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  2. izin copas ya, cuma gua jurusannya UPW ka. salam kenal dari Bogor :)

    BalasHapus
  3. makasih bang, izin copas
    kebetulan jurusan sama :D

    BalasHapus
  4. http://www.narotama.ac.id

    terimakasih

    BalasHapus
  5. thank's buat contoh proposal nya :)

    BalasHapus
  6. bermanfaat, aane titip gan
    http://aminmaulani.blogspot.co.id/2016/06/contoh-proposal-kunjungan-industri.html

    BalasHapus